Mar 22, 2012

Mengenal CCTV (Closed Circuit Television)


CCTV merupakan kepanjangan dari Closed Circuit Television. Ia adalah sebentuk perangkat digital yang memiliki fungsi untuk mengawasi atau memantau (monitoring) dan merekam (recording) keadaan suatu ruang, tempat, maupun wilayah tertentu.

Seiring bergulirnya waktu, CCTV tidak hanya dimanfaatkan oleh bangsa-bangsa yang hidup di negara maju. Melainkan juga negara-negara berkembang semacam Indonesia. Tentunya karena mengingat banyaknya manfaat CCTV yang bisa diharapkan perannya dalam menjaga keamaanaan (security) dengan lebih terpercaya.

Jika dibandingkan dengan manusia atau hewan penjaga, CCTV lebih mampu menghadirkan data dan menyajikan informasi lebih akurat. Ia mengambil dan merekam keadaan berdasarkan real time sekaligus menyajikan informasi visual lebih detail.

Hanya saja, karena CCTV merupakan sebuah alat, tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan maupun kelebih. Dengan demikian, sangat cocok jika kekurangan itu ditutupi dengan kelebihan yang dimiliki manusia ataupun binatang penjaga. Dengan begitu, baik CCTV, satpam, polisi, maupun binatang tertentu semisal anjing, bakal saling berpadu penjagaan sesuai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Walhasil, kebutuhan akan keamanan dan informasi tertentu terhadap suatu wilayah, ruang, maupun tempat, bisa dimaksimalkan.***