Mar 28, 2012

Memantau 16 CCTV dalam 1 Layar Monitor

Memantau, Merekam, dan Mengambil Gambar

Tak bisa dipungkiri bahwa CCTV telah mampu berperan aktif dalam membantu terjaminnya keamanan dan kepastian. Hampir tiap kali terjadinya peristiwa-peristiwa yang luput dari pandangan manusia, CCTV merupakan rujukan terpercaya bagi mereka yang telah memanfaatkannya.

Cukup maklum, kemudian, jika kini CCTV menjadi salah satu teknologi yang semakin hari semakin digandrungi. Sebab besarnya kemanfaatan yang terdapat padanya memungkinkan pemiliknya tidak lagi berada dalam selimut harapan dan kecemasan yang berlarut. Tentunya karena dengan menggunakan CCTV kita bisa memantau kantor, wilayah sasaran, jalan raya, lokasi proyek, ruang usaha, bahkan ruang-ruang privat sekalipun. Lebih-lebih, dengan sekali waktu, kita bisa memantau semua itu secara langsung alias real time.

Selain itu, dengan CCTV, kita juga bisa merekam apa saja yang tertangkap oleh CCTV. Mulai dari bentuk-bentuk yang bergerak dinamis hingga bentuk-bentuk yang pasif, semisal dinding, patung, dan lainnya. Walhasil, jika ada pencuri yang menyatroni rumah Anda sedang beraksi, maka CCTV tidak akan berdiam ‘diri’. Ia akan memonitoring kronologi kejadian dan merekam semua pelaku yang bergerak, diam, dan bahkan telanjang bulat (praktik ilmu hitam) sebagaimana yang pernah terjadi di Indonesia tidak lama ini.

Pencuri Telanjang

Meski tertangkapnya pelaku kejahatan yang beroperasi dengan telanjang itu tampak lucu, porno, dan tidak senonoh, namun itulah sifat CCTV. Ia tidak membeda-bedakan siapa saja yang punya ilmu hitam, putih, maupun yang lain. Selagi mereka masih dalam wujud rupa yang bisa ditangkap kamera CCTV, maka saat itu pula CCTV menjalankan tugas. Yakni memantau, merekam, dan menyajikannya dalam bentuk video maupun gambar yang bisa di print out.

Gambar atau hasil rekaman itulah yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh korban kejahatan dan pihak berwajib untuk memburu, membongkar, dan menangkap pelaku kriminal.

Selain itu, karena CCTV juga menyajikan data rekaman secara real time, maka data semisal detik, jam, hari, dan tahun terjadinya peristiwa kriminal itu semakin jelas. Sehingga hasil kerja CCTV dalam memantau, merekam, dan menyajikan data yang valid itu benar-benar bisa membatu pemiliknya.

Monitoring and Recording

Sebagai informasi, secara teknis, kamera CCTV (CCTV Camera) itu tidak bisa merekam apa yang sudah berhasil ditangkap oleh lensa CCTV. Untuk merekam semua itu membutuhkan perlengkapan CCTV (CCTV Equipment) berupa DVR USB.

Dengan DVR USB ini lah yang nantinya memungkinkan pemilik CCTV untuk bisa merekam tangkapan kamera CCTV ke dalam komputer (PC). Namun begitu, pada umumnya, pemakaian DVR USB tadi hanya bisa digunakan untuk merekam (maksimal) empat buah CCTV pada tiap-tiap komputer. Lantas, bagaimana jika kita memiliki lebih dari empat buah CCTV yang tersebar diberbagai lokasi? Padahal, kita butuh sekali untuk memantau semua CCTV itu secara bersamaan lalu merekamnya ke dalam komputer.

Untuk menjawab kebutuhan itu kita bisa memanfaatkan CCTV Card yang secara khusus dirancang untuk CCTV. Dengan mengikutsertakan peran CCTV Card dalam operasional CCTV, kita tidak hanya bisa mengakses empat buah CCTV sekaligus dalam satu layar monitor komputer atau laptop Anda. Namun bisa mengakses CCTV hingga 16 buah CCTV secara bersamaan dalam satu layar monitor yang Anda gunakan. Terlebih, juga bisa merekam keenam belas objek sasaran CCTV Anda. ***

Keterangan :

Untuk informasi tentang CCTV Card atau CCTV Komputer lebih lanjut, silahkan klik

di sini